Organizational Skill

Dalam berorganisasi, ada beberapa skill yang perlu dimiliki agar anda dapat menjadi anggota suatu organisasi yang baik dan dapat berkontribusi dengan aktif di dalam suatu organisasi. Skill-skill tersebut menurut saya adalah:

  1. Komunikasi: Komunikasi merupakan faktor terpenting yang harus dimiliki seseorang dalam berorganisasi. Seseorang yang mengikuti atau berada di dalam suatu organisasi, harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik agar dapat berhubungan dengan anggota-anggota dan pengurus organisasi lainnya. Jika seseorang kurang memiliki kemampuan komunikasi yang baik, maka ia harus meningkatkan kemampuan komunikasinya agar dapat berorganisasi dengan baik.
  2. Aktif: Dalam berorganisasi, sebaiknya anggotanya tidak hanya bersikap pasif dan tidak melakukan apa-apa atau berkontribusi untuk berorganisasi. Sebaiknya bersikaplah aktif dalam organisasi, mengikuti kegiatan organisasi, dan melakukan hal-hal yang dapat memajukan organisasi.
  3. Disiplin: Disiplin tidak hanya dalam berkerja, tetapi juga harus dalam waktu. Disiplin waktu menjadi hal yang penting karena jika seseorang tidak disiplin dalam waktu, ia akan terbiasa santai dan malas, sehingga akan sulit jika ingin datang tepat waktu.
  4. Time management: Pengaturan waktu juga merupakan hal yang penting karena jika seseorang tidak dapat mengatur waktunya dengan baik, maka ia akan bingung untuk memprioritaskan mana hal yang lebih penting. Dalam hal berorganisasi, seseorang harus dapat mengatur waktu yang ia gunakan selama mengikuti kegiatan berorganisasi agar waktu yang digunakan tidak terbuang dengan sia-sia.
  5. Kerja sama: Kerja sama merupakan hal yang penting dalam berorganisasi, karena dalam berorganisasi seseorang tidak berkerja sendiri, melainkan bekerja dalam kelompok yang berupa organisasi, sehingga orang tersebut harus bisa bekerja sama dengan orang lain.
  6. Respect: Dalam berorganisasi, seseorang harus dapat menghargai orang lain, bukan hanya menghargai orangnya saja, tetapi juga pendapat dan hasil kontribusinya dalam berorganisasi.

Leave a Comment

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.