General Orientation BINUS University

General Orientation (GO) adalah masa orientasi yang ditujukan kepada mahasiswa baru Binus University untuk mengenal dan memahami sistem perkuliahan yang ada di Binus University. Pada saat hari pertama GO, para mahasiswa baru akan dibriefing oleh para Buddy Coordinator (BC) untuk mengetahui kegiatan apa saja yang akan dilakukan GO berlangsung dan ketentuan pakaian yang harus dikenakan pada saat GO berlangsung. Dan juga pada saat hari pertama GO, para mahasiswa baru diperkenankan menggunakan pakaian bebas. Tetapi pada saat hari kedua GO hingga selesai, para mahasiswa baru wajib menggunakan kemeja putih dan celana panjang hitam, dan menggunakan sepatu bertali berwarna gelap atau berwarna putih.

Pada hari kedua GO, materi yang disampaikan adalah Binusian Journey, yaitu para BC akan menjelaskan bagaimana perjalanan para mahasiswa Binus (Binusian) selama berkuliah di Binus. Pada sesi ini, para binusian juga akan dijelaskan apa saja skill yang diperlukan untuk menjadi pekerja di perusahaan global maupun menjadi pembisnis. Dan juga akan dijelaskan mengapa skill-skill tersebut sangat penting untuk mencari pekerjaan di masa depan.

Pada hari ketiga GO, materi yang disampaikan adalah perkuliahan, ujian, dan registrasi. Pada sesi ini, para binusian akan dijelaskan bagaimana sistem perkuliahan yang ada di Binus University, dimulai dari kewajiban para mahasiswa, fasilitas penunjang yang disediakan, serta peraturan dan tata tertib yang ada di Binus University. Pada sesi ini juga para binusian akan dijelaskan bagaimana cara agar dapat mengikuti ujian, bagaimana cara mendapatkan kartu ujian, dan peraturan saat mengikuti ujian. Dalam sesi ini juga akan dijelaskan bagaimana registrasi untuk mendapatkan software penunjang belajar para binusian dan binus-access yang merupakan akses wifi di dalam Binus University.

Pada hari keempat GO, materi yang disampaikan adalah bunga rampai. Pada saat bunga rampai, para binusian akan melihat presentasi dan perfomance dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di Binus University. Dan dalam sesi ini, para perwakilan masing-masing UKM akan menjelaskan di mana para peserta dapat mendaftar dan biaya yang diperlukan untuk menjadi anggota UKM yang mereka inginkan.

Pada hari kelima GO, materi yang disampaikan adalah Binus Way, dan kerohanian. Pada saat sesi ini para binusian akan dijelaskan bagaimana visi, misi, dan budaya Binus University. Pada sesi ini juga akan dijelaskan bagaimana Binus University dapat berdiri dan prestasi-prestasi apa saja yang sudah diraih oleh Binus University. Pada sesi ini, para binusian juga akan dijelaskan bagaimana persaingan kerja yang akan mereka hadapi pada saat mereka lulus, dan juga cara menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Pada hari kelima juga, para binusian akan dikenalkan dengan UKM kerohanian yang ada di Binus University sesuai dengan agama dan kepercayaan yang dianut oleh masing-masing binusian.

Pada hari keenam GO, yang di mana merupakan hari terakhir, akan diselenggarakan kebersamaan untuk seluruh mahasiswa baru, yaitu menyampaikan kesan dan pesan selama mengikuti kegiatan GO, menyanyikan mars Binus dan mars binusian, serta menyanyikan yelyel dari masing-masing kelas. Setelah kebersamaan, akan ada EXPO yaitu di mana para mahasiswa baru dapat mendaftar dan mengikuti UKM yang ingin mereka ikuti.

BBN 01 Binusian 2020

BBN 01 Binusian 2020

Leave a Comment

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.